3 Hal Penting yang Membantu Anda Mengenal Bulimia

3 Hal Penting yang Membantu Anda Mengenal Bulimia

Pola makan yang tidak wajar karena mengonsumsi terlalu banyak makanan namun berusaha memuntahkan setelahnya merupakan perilaku penderita Bulimia. Perilaku abnormal tersebut disebabkan karena gangguan psikologis yang dialami penderita, dan mereka kerap menyembunyikan sehingga sedikit sulit untuk mendeteksi apabila tidak menyaksikan secara langsung. Tidak hanya itu, masih terdapat fakta lain dari Bulimia yang perlu diwaspadai.

3 Fakta Penting Seputar Bulimia

  1. Beresiko tinggi pada wanita

Terdengar kontradiktif memang, karena penderita melakukan binge eating atau terlalu berlebihan mengonsumsi makanan tetapi takut berat badan akan melonjak. Namun, kenyataannya memang seperti itu, sehingga tidak mengherankan apabila beresiko tinggi pada wanita mengingat mereka sangat memperhatikan penampilan. Pembersihan yang dilakukan dengan memuntahkan makanan menjadi kebiasaan yang candu bagi mereka.

Padahal, memaksa tubuh untuk mengeluarkan makanan akan menyebabkan dampak buruk pada organ lain seperti tenggorokan, gigi, mulut, dan lambung. Oleh sebab itu, sebagai seorang wanita harus mewaspadai adanya Bulimia tersebut. Penting untuk memupuk kesadaran bahwa memiliki tubuh yang sehat dan ideal harus dibarengi dengan pola hidup yang baik, dan selalu berpikir positif.

  1. Kurus bukanlah tanda mutlak

Perlu diperhatikan bahwa berat badan tertentu bukanlah patokan untuk penderita Bulimia. Tidak jarang yang mengalami Bulimia memiliki berat badan yang normal atau bahkan memiliki berat badan berlebih. Jadi, penderita tidak selalu terlihat kurus layaknya penderita anoreksia karena pada suatu waktu mereka akan mengonsumsi makanan dalam porsi yang tidak wajar.

Walaupun mereka kerap memuntahkan makanannya, namun makanan yang masih dapat terserap itulah yang membuat bentuk tubuh penderita terlihat normal. Hal tersebut kerap menimbulkan masalah dalam proses pendiagnosisan. Terlebih lagi bagi orang awam akan sering tidak menyadari orang terdekatnya menderita Bulimia karena mereka menyembunyikan perilaku abnormal tersebut, dan bertingkah normal di depan umum.

  1. Berpeluang besar memicu komplikasi

Tubuh membutuhkan asupan gizi dalam takaran seimbang untuk menjaga kesehatan tiap organ. Oleh sebab itu, pola makan penderita Bulimia sama sekali tidak memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh. Pada kasus yang parah, Bulimia akan menyebabkan komplikasi kesehatan yang sangat serius bahkan memicu kematian mendadak sehingga perlu diwaspadai.

Beberapa dampak negatif yang akan dialami penderita antara lain kerusakan pada bagian gigi dan mulut, iritasi pada kerongkongan hingga berpotensi menimbulkan pendarahan, gangguan pada sistem saraf, membuat denyut jantung tidak teratur, gangguan pada lambung hingga menyebabkan kerusakan sistem pencernaan, menyebabkan tekanan darah rendah, gagal ginjal, membuat kulit kering hingga bersisik, dan gangguan pada sistem reproduksi.

Jangan dulu takut karena Bulimia dapat disembuhkan. Hanya saja masih memiliki kemungkinan untuk kambuh suatu waktu sehingga harus diketahui secara tepat apa pemicunya. Dengan begitu, penanganan yang dilakukan lebih tepat sasaran. Apabila Anda merasa orang terdekat atau bahkan diri sendiri mengalami gejala Bulimia, maka jangan ragu untuk segera melakukan pemeriksaan.