5 Wisata Budaya dan Sejarah di Semarang yang Wajib Kunjungi

Wisata Semarang Paling Terkenal

Sebagai salah satu kota tujuan wisata di Jawa Tengah, Semarang memiliki banyak sekali tempat wisata menarik. Eits, jangan hanya berwisata alam saja, cobalah sesekali untuk kunjungi wisata budaya dan sejarah yang juga menarik.

Berikut 5 Tempat Wisata Budaya dan Sejarah

  1. Lawang Sewu

Lawang Sewu SemarangTempat wisata budaya dan sejarah pertama yang bisa kamu temukan di Semarang adalah Lawang Sewu. Bangunan ini sebenarnya terkenal sebagai salah satu tempat angker di Semarang namun ia menyimpan cerita sejarah yang panjang. Bangunan ini dilengkapi dengan ballroom, ruang serbaguna, ruang makan hingga gedung pertunjukan di dalamnya.

Saat memasuki bangunan ini, kamu akan disambut dengan lorong-lorong panjang yang dipenuhi dengan pintu dan jendela kayu di dindingnya. Bagi yang suka berfoto selfie, tempat ini adalah pilihan terbaik karena memang sangat indah. Untuk mengetahui sejarah Lawang Sewu, kamu bisa menyewa jasa pemandu dengan biaya sekitar Rp30.000,- saja.

  1. Kota Lama

Kota Lama SemarangSelain itu, kamu juga bisa berkunjung ke Kota Lama yang memiliki arsitektur Eropa yang indah. Ia adalah saksi bisu sejarah penjajahan Belanda di Indonesia. Ketika kamu masuk ke sini, kamu akan melihat banyaknya bangunan lama yang berjejer di sepanjang jalan dan masih sangat terawat.

  1. Museum Kereta Api Ambarawa

Menengok Lokomotif Warisan Kolonial di Museum Kereta ApiTempat wisata sejarah di Semarang yang juga dekat dengan banyak penginapan murah di Semarang lainnya adalah Museum Kereta Api Ambarawa. Dulunya, ini memang sebuah stasiun kereta api. Namun, kini telah dialihfungsikan menjadi museum perkeretaapian. Museum ini sendiri banyak menyimpan lokomotif kereta tua yang terkenal di masanya.

Di tempat ini pun, kamu bisa menemukan lokomotif tertua yang ada di dunia dan hanya ada tiga buah di dunia. Lokomotif tersebut masih berfungsi dengan baik. Kamu bahkan bisa coba berkeliling naik kereta tua ini dengan rute khusus yang disediakan pihak museum.

  1. Gereja Blenduk

Wisata Sejarah di Gereja BlendukCobalah juga untuk berkunjung ke Gereja Blenduk yang sudah berdiri sejak tahun 1753. Gereja ini sangat bersejarah bagi umat Protestan di Semarang. Di sini, tersimpan alkitab dalam bahasa Belanda yang diterbitkan pada tahun 1948 dan masih terjaga dengan baik hingga saat ini.

Tak heran, tempat ini selalu ramai dengan wisatawan. Mereka datang ke gereja selain karena faktor kerohanian, juga untuk melihat keindahan gereja ini. Gereja ini sendiri sebenarnya memiliki nama Koepelker. Nama Blenduk sendiri berasal dari penyebutan masyarakat melihat bentuk dari kubahnya.

  1. Vihara Buddhagaya

Pagoda Vihara Buddhagaya WatugongKamu juga bisa berkunjung ke Vihara Buddhagaya atau disebut juga dengan Pagoda Avalokitesvara. Pagoda ini memiliki ketinggian 45 meter dan sudah masuk dalam Museum Rekor Indonesia atau MURI dengan kategori pagoda tertinggi yang ada di Indonesia.

Kamu bisa berkunjung ke sini dan menginap di hotel murah di Semarang yang ada di vihara ini. Kamu bisa datang antara pukul 7 pagi hingga 9 malam ke sini. Namun, pastikan kamu menggunakan pakaian tertutup kalau mau masuk, ya! Nah, selain masuk dalam rekor MURI, pagoda ini juga merupakan salah satu vihara termegah yang ada di Asia Tenggara, lo!

Pesan Hotel di Pegipegi

Bagi kamu yang tertarik untuk menjelajahi Semarang lebih dekat, kamu bisa datangi berbagai tempat menarik di Semarang untuk beberapa hari. Masalah hotel di Semarang, kamu tak usah khawatir. Ada banyak hotel menarik yang bisa kamu pesan via aplikasi Pegipegi tanpa harus datang langsung ke hotelnya.

Bahkan, bila ternyata dana yang kamu miliki tak mencukupi dengan waktu yang dibutuhkan, kamu bisa memanfaatkan fitur pay later saja. Kamu bisa menginap dulu bayar kemudian dengan cara mencicil hingga 12 bulan. Tentunya, ini akan sangat membantu rencana liburan dan eksplor kamu!

Semarang memang kota yang indah. Kamu bisa menemukan banyak tempat wisata menarik di kota ini. Masalah penginapan, kamu tak perlu khawatir. Kamu bisa pesan hotel di Semarang dengan harga yang cukup terjangkau via Pegipegi. Kalau ternyata dana kamu tak mencukupi, kamu bisa manfaatkan fitur pay later yang tentunya akan sangat membantu kamu!