Cara Cetak Baju dan Kaos Berkualitas dengan Harga Murah di Bandung Jawa Barat

Cara Cetak Baju dan Kaos Berkualitas dengan Harga Murah di Bandung Jawa Barat

Printing baju di era digital bukan sesuatu yang sulit direalisasikan. Di kota Bandung dan sekitarnya banyak sekali jasa sablon yang siap menerima pesanan anda dengan berbagai penawaran menarik, dari mulai harga, jenis kualitas sablon, sampai desain gambar.

Customer hanya perlu mengemukakan ide yang ada di kepala,, kemudian jasa cetak baju akan mewujudkannya dalam bentuk jadi. Ada dua pilihan yang bisa dipilih. Pertama, melakukan sablon mandiri. Kedua, membawa kaos ke tempat printing. Bagaimana caranya? akan ada di penjelasan di bawah ini.

Teknik menyablon kaos sendiri

  1. Memakai teknik DTG

Setiap teknik menawarkan kelebihan & kekurangan masing-masing, jadi perlu dipilih sesuai kebutuhan. Sebuah teknik yang bisa hanya membutuhkan langkah mudah bisa saja menghasilkan warna kurang tahan lama. Teknik cetak kaos DTG disebutkan sebagai cara termudah untuk menyablon. Anda butuh mesin DTG (Direct to Garment).

Sebuah mesin printer yang bisa diandalkan untuk memproduksi kaos dalam jumlah banyak ataupun sedikit. Dari iseng membuat printing baju sendiri, bisa dikembangkan menjadi usaha sablon yang besar.

  1. Menggunakan cat khusus (manual)

Apabila tidak memiliki mesin digital, anda masih bisa menggunakan cara manual dengan memakai cat khusus. Namun, langkah-langkahnya lebih panjang daripada cetak digital. Kumpulkan peralatan yang dibutuhkan terlebih dahulu, seperti tinta rubber, lem papan, binder, obat pengemulsi, dan cairan pembersih afdruk. Semuanya tersedia di toko alat sablon.

Teknik manual biasanya dilakukan dengan melakukan pengecatan motif & langsung menempelkan pada kaos. Contohnya, anda punya sebuah desain, buat motifnya di sebuah cetakan dari kertas biasa atau rangka besi. Kemudian, lumuri dengan cat dan baru bisa menempelkannya pada kaos. Angkat motif dan baju tersebut. Harusnya motif sudah tertempel dengan baik.

  1. Sablon press

cara cetak baju yang terakhir adalah dengan teknik sablon press. Prosesnya akan dilakukan dengan menekan pada tinta di atas screen. Tujuannya adalah mendorong tinta tersebut menembus screen, kemudian akan terserap oleh kaos atau baju. Bisa dikatakan teknik ini sudah ada sejak lama dalam dunia sablon.

 Anda bisa memilih untuk melakukannya secara manual atau otomatis. Teknik manual akan menuntut tenaga yang cukup besar. Sementara teknik otomatis menggunakan mesin sehingga hemat tenaga dan waktu kerja.

Pilihan lainnya yaitu dengan mengunjungi tukang sablon baju. Anda tidak perlu repot membuat desain dan membeli peralatan, dan menyediakan mesin. Hanya tinggal menego harga dan menunggu prosesnya selesai dilakukan.

Printing baju sendiri ataupun menggunakan jasa cetak kaos memiliki kerugian dan keuntungan masing-masing. Banyaknya tempat sablon membuat persaingan harga lebih ekonomis dan menguntungkan konsumen. Anda hanya perlu memilih salah satu tempat cetak baju yang disukai.