Kekurangan Colocation Server Untuk Dipertimbangkan

Kekurangan Colocation Server Untuk Dipertimbangkan

Saat ini, penggunaan layanan colocation server memang bisa menjadi pertimbangan, terutama untuk perusahaan yang ingin memiliki sistem IT yang lebih baik. Ya, perlu diketahui bahwa dengan menggunakan layanan colocation server, maka perusahaan bisa menyediakan sistem IT yang lebih modern dan tentu saja lebih optimal.

Secara singkat, colocation server bisa dipahami sebagai suatu layanan yang diberikan untuk menyimpan server. Artinya, server website perusahaan akan dikelola oleh pihak penyedia dengan jaminan keamanan. Selain itu, ada beberapa keuntungan yang menjadikan colocation server bisa dijadikan opsi yang tepat.

Dengan menggunakan layanan colocation server, maka perusahaan bisa mendapatkan beberapa keuntungan, seperti:

  • Biaya perawatan server yang cenderung lebih terjangkau
  • Jaminan keamanan server serta data
  • Tersedianya ahli IT untuk pemeliharaan
  • Dan lainnya

Namun, colocation server memiliki beberapa kekurangan yang harus diketahui dan dipertimbangkan. Beberapa kekurangan dari layanan ini diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Terkadang, penyedia colocation server cukup susah untuk ditemukan. Dalam hal ini, Anda sebaiknya menemukan penyedia layanan ini yang dekat dengan kantor atau rumah. Lokasinya yang dekat akan memudahkan Anda untuk menjaga server dan melakukan tindakan lainnya.
  • Harga layanan colocation server memang cenderung lebih mahal daripada layanan hosting. Hal ini berlaku ketika Anda ingin mengelola dan menjaga server Anda sendiri. Meskipun demikian, harga yang lebih mahal sebenarnya sebanding juga dengan beragam layanan yang akan didapatkan.
  • Bisa jadi Anda akan mendapatkan kesulitan untuk mengakses server fisik yang Anda miliki. Hal ini dikarenakan adanya perjalanan yang harus ditempuh. Oleh karenanya, memilih penyedia colocation server yang berdekatan dengan kantor menjadi solusi yang cukup tepat untuk diambil.
  • Adanya fluktuasi biaya yang bisa terjadi. Hal ini akan terjadi ketika traffic bulanan melonjak dengan sangat drastis sehingga perlu penanganan yang lebih dan khusus untuk dilakukan. Namun, tentu saja, biaya ini bisa didiskusikan dan dijelaskan lebih lanjut.

Di samping beberapa kekurangan dari colocation server, layanan ini pada dasarnya memberikan lebih banyak keuntungan serta pengurusan sistem IT yang lebih baik bagi perusahaan. Oleh karenanya, menggunakan colocation server tetap bisa menjadi solusi yang tepat untuk perbaikan layanan IT perusahaan.

Hanya saja, Anda perlu selektif dalam memilih penyedia layanan colocation server tersebut. Untuk memudahkan Anda memilih penyedia colocation server yang tepat, ada beberapa tips untuk diperhatikan, yaitu:

  • Cek reputasi dari penyedia colocation server
  • Lihat bagaimana detail keamanan yang ditawarkan dan pastikan sesuai standard
  • Baca testimoni dari pelanggan sebelumnya
  • Pertimbangkan detail harga layanan yang diberikan

Beberapa hal di atas bisa membuat Anda lebih tahu tentang colocation server dan membuat Anda mantap menggunakannya. Jika Anda sedang mencari penyedia layanan tersebut yang terpercaya, maka Anda bisa klik laman www.neucentrix.co.id.