Mari Mengenal Desa Wisata Pujon Kidul Lebih Dalam Lagi

Mari Mengenal Desa Wisata Pujon Kidul Lebih Dalam Lagi

Sejak Desa Wisata Pujon Kidul diberi apresiasi oleh pemerintah sebagai salah satu desa wisata yang mampu meningkatkan perekonomian domestiknya, nama desa wisata yang ada di daerah Malang ini semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Tak jarang dari para wisatawan yang berencana berkunjung ke wilayah ini hanya untuk sekedar liburan maupun merilekskan pikiran yang sedang suntuk. Beberapa dari mereka ada yang mengajak keluarga, pasangan, teman, maupun rekan kerja.

Sejarah Desa Wisata Pujon Kidul

Sejarah dari Desa Wisata satu ini akan sangat menarik untuk dibahas, karena masing-masing desa wisata pasti akan memiliki asal-usulnya tersendiri, yang akan menjadi akar kesuksesan dari wilayah itu sendiri.

Untuk semakin mengenal tentang desa wisata yang ada di Malang ini, ada baiknya jika kamu memahami sejarah dan daya tarik dari desa Pujon Kidul ini. Berikut kami sampaikan beberapa informasi terkait hal itu, yaitu:

  • Asal-Usul Desa Pujon Kidul

Di era digital yang semakin canggih seperti sekarang ini, semua informasi bisa kamu dapatkan dengan mudah melalui internet, dan hal ini juga berlaku untuk profil desa Pujon Kidul.

Dari mulai sejarah, asal-usul, profil, hingga daya tarik tentang wilayah ini bisa kamu temukan dengan mudah melalui internet. Desa wisata ini sendiri memiliki cerita yang menjadi latar belakang kesuksesannya di masa kini.

Desa Pujon Kidul didirikan oleh 2 orang yaitu mbah Brojonolo, dan Den Ajeng Karsinah. Sedangkan untuk nama Pujon Kidul itu sendiri berasal dari kata Pamujan, yang memiliki arti tempat pemujaan.

Desa ini pertama ditemukan oleh kedua pasangan ini ketika sedang berjalan ke bagian barat hutan Amat Dariman di wilayah kecamatan Pujon.

Namun, karena mereka berdua kehilangan arah, akhirnya wilayah hutan yang mereka buka terbagi menjadi 2 wilayah, yaitu utara dan selatan. Nah, babat hutan yang telah dibuka inilah yang akhirnya dinamakan sebagai desa Pujon Kidul.

Waktu terus berjalan, dan awalnya daerah ini belum termasuk salah satu desa wisata yang ada di Indonesia. Namun, karena kepala daerah yang sedang menjabat pada saat itu berpikir untuk mensejahterakan masyarakatnya, akhirnya desa Pujon Kidul disulap menjadi desa wisata yang menarik.

Kepala daerah desa Pujon Kidul menyulap beberapa wilayah persawahan yang awalnya mengeliling daerah ini dengan beberapa tempat wisata yang salah satunya adalah Cafe Sawah Desa Pujon Kidul.

Wisata Pujon Kidul Cafe Sawah merupakan salah satu objek wisata di wilayah ini yang mampu menarik perhatian banyak wisatawan. Bahkan, objek wisata ini juga mendapatkan apresiasi berharga dari pemerintah setempat.

  • Daya Tarik Wisata Pujon Kidul

Seperti yang sudah kami sebutkan di paragraf sebelumnya, salah satu daya tarik dari Pujon Kidul adalah wisata Pujon Kidul Cafe Sawah. Namun, daya tarik dari daerah ini masih ada lagi, dan salah satunya adalah terletak pada pemandangannya.

Pemerintah setempat menyulap lahan pertanian yang mengelilingi daerah ini menjadi lahan pariwisata yang menyenangkan atau agrowisata yang menarik perhatian.

Maka dari itu, sejak desa ini diubah menjadi desa wisata, banyak orang khususnya para backpacker yang ingin berkunjung ke tempat ini. Bahkan, jika keunggulan desa wisata ini terus ditingkatkan, akan ada peluang yang cukup tinggi untuk potensi pertanian bisa menembus pasar ekspor hingga ke Jepang.

Selain itu, pengelola desa wisata yang ada di daerah Malang ini juga mampu meningkatkan keterampilan pada masyarakatnya untuk beradaptasi dengan teknologi digital yang sesuai jaman. Maka dari itu, taka da kata kuno pada daerah desa wisata ini.

Untuk jam buka Pujon Kidul sendiri juga sangat fleksibel, sehingga kamu bisa berkunjung kapanpun kamu ingin kemari. Bahkan, tiket masuk wisata Pujon Kidul juga tergolong murah, sehingga sangat cocok untuk kamu jadikan destinasi wisata yang wajib dikunjungi bersama keluarga besar.

Dengan banyaknya spot foto yang ada di tempat ini, membuat anak-anak muda tertarik untuk berpetualang ke desa Pujon Kidul. Banyak dari mereka yang rela pergi ke Malang hanya untuk berkunjung ke Cafe Sawah Pujon Kidul.

Untuk jam operasional desa wisata ini sendiri mulai dari pukul 08.00-20.00 WIB. Jika kamu memilih berkunjung ke tempat ini di pagi hari, maka kamu bisa merasakan udara yang sejuk dan menyegarkan.

Namun, jika kamu memilih berkunjung kemari di malam hari, maka kamu bisa menikmati pemandangan malam yang sangat indah.

Sedangkan untuk tiket masuk wisata Pujon Kidul dibanderol dengan tarif Rp. 8.000,00 per orangnya. Dengan harga yang sangat terjangkau ini, kamu sudah bisa menikmati waktu liburan yang menyenangkan.

Desa Wisata Pujon Kidul wajib kamu masukkan ke daftar objek wisata yang patut dikunjungi, karena pemandangan di tempat ini akan sangat disayangkan jika kamu sia-siakan. Maka dari itu, mulai rencanakan untuk berlibur kemari bersama keluarga, pasangan, teman, maupun rekan kerjamu.

Desa Wisata Pujon Kidul adalah salah satu objek wisata di Indonesia yang sangat instagramable. Untuk lokasi tepat dari desa wisata ini sendiri, terletak di daerah Pujon, Malang, Jawa Timur.