Seberapa Pentingkah Indeks Prestasi Kumulatif? Ini Jawabannya!

Indeks Prestasi Kumulatif

Bagi mahasiswa baru masih belum mengetahui sepenuhnya apa itu Indeks Prestasi Kumulatif atau IPK, bagaimana cara meraih IPK tertinggi, dan bagaimanacara menghitung IPK semester yang telah sudah dilewati.

IPK merupakan sebuah ukuran kemampuan mahasiswa sampai pada periode tertentu yang dihitung berdasarkan jumlah SKS yang dilewati baik yang kuliah di perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta. Cara penghitungannya adalah ukuran nilai tersebut  dikalikan dengan nilai bobot mata kuliah, lalu dibagi dengan jumlah SKS mata kuliah yang diambil pada periode tersebut.

Seberapa Pentingkah Indeks Prestasi Kumulatif bagi Mahasiswa?

Jika ada yang menanyakn seberapa penting IPK itu maka jawabannya adalah sangat teramat penting, terlebih IPK tinggi sangat penting namun tetap harus diimbangi dengan kemampuan anda. IPK yang bagus begitu diperlukan khususnya dalam hal melamar pekerjaaan. IPK merupakan salah satu kriteria yang diperlukan dalam mengikuti seleksi pekerjaan.

Hampir setiap lowongan pekerjaan selalu mencantumkan syarat IPK minimal. IPK tertinggi pasti akan lebih mudah untuk lolos ke tahap selanjutnya seperti mengenai keilmuan, kemampuan , kemampuan berorganisasi serta komunikasi.

Bagaimana Cara Meningkatkan Indeks Prestasi Kumulatif?

Ketika membahas tentang Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dalam sebuah perguruan tinggi bagi mahasiswa hal ini memang menjadi topik yang cukup penting. IPK itu sudah menjadi bagian dari diri mahasiswa, sebab IPK mampu menjadi bukti pada orangtua misalnya jika anda benar-benar serius untuk kuliah. Semua mahasiswa pasti akan merasa bangga jika mendapatkan IPK tinggi sesuai dengan yang diharapkan.

Namun ada banyak juga mahasiswa yang bersedih ketika di semester ini mengalami penurunan IPK jika dibandingkan dengan semester sebelumnya. Lalu, bagaimana cara meningkatkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) bagi mahasiswa? Di bawah ini adalah cara untuk meningkatkan IPK mahasiswa, antara lain:

  1. Temukanlah tempat belajar yang anda sukai. Sangat penting bagi anda untuk menemukan tempat belajar yang anda senangi karena kondisi tersebut akna mempengaruhi mood belajar anda. Kita Tau bahwa belajar di tempat yang berisik tidak akan membantu anda memperbaiki IPK, karena anda tidak bisa fokus.
  2. Lakukanlah sebuah peninjauan terhadap matakuliah yang sudah anda pelajari. Melakukan peninjauan terhadap mata kuliah yang sudah dipelajari, bisa anda lakukan dengan cara setiap minggunya, menyisihkan waktu untuk meninjau ulang kembali matakuliah yang telah kamu ikuti selama seminggu. Sambil memenangkan pikiran juga.
  3. Fokuslah pada saat anda meninjau ulang bagian yang tidak anda ingat dan kemudian tandai bagian yang sudah anda ingat tadi. Cara ini terbukti  sangat efektif untuk meningkatkan IPK anda. Setelah itu, ada baiknya anda melihat kembali silabus pelajaran yang akan pelajari di minggu depan.
  4. Ketika anda belajar sebuah penelitian membuktikan bahwa, otak dan pikiran akan jenuh dan tidak bisa memproses informasi dengan maksimal dan sempurna jika tidak beristirahat. Oleh sebab itu disarankan untuk belajar 50 menit dan beristirahat 10 menit. Itu akan membuat otak anda akan dapat beristirahat, dan akan memberikan waktu bagi otak untuk memproses kembali informasi yang sudah dipelajari.

Yang pasti, hindarilah yang namanya sistem kebut semalam (SKS) dalam Belajar. Bagian ini  seringkali dilakukan oleh mahasiswa jika esok harinya akan ada ujian maka akan belajar sepanjang malam. Demikianlah beberapa informasi mengenai Indeks Prestasi Kumulatif yang semoga bisa menambah wawasan Anda supaya lebih memperhatikan nilai IPK Anda!