Tak Harus ke Papua, Ini 3 Replika Raja Ampat yang Memesona

Replika Raja Ampat yang Memesona

Kepulauan Raja Ampat dengan spot foto legendarisnya yang berupa gugusan pulau bukit batu karst dengan air jernih akhir-akhir ini semakin populer baik di dalam maupun luar negeri. Spot yang diberi nama Wayag itu ternyata tidak hanya bisa Anda temukan di Papua saja, lo. Berikut ini replika Raja Ampat di Nusantara yang tak kalah memesona keindahannya.

  1. Pulau Kelapa Bima, Nusa Tenggara Barat

Nusa Tenggara Barat dengan Gili Trawangannya akhir-akhir ini semakin melejit di dunia internasional. Namun siapa sangka jika ternyata NTB memiliki lanskap mirip dengan Raja Ampat berupa gugusan pulau kecil yang akan terlihat jelas jika Anda melihatnya dari atas pulau Kelapa di Bima, Nusa Tenggara Barat.

Tak hanya pemandangan dari ketinggian saja yang memukau, pantai berpasir putih dengan air berwarna biru jernih juga akan menyambut Anda di pulau ini. Beberapa spot snorkeling yang memesona juga bisa Anda temukan di sini. Untuk menuju pulau ini, Anda bisa menyewa kapal nelayan dari pulau Sumbawa atau pulau Komodo.

  1. Pulau Sombori, Sulawesi Tengah

Replika Wayag yang ikonik selanjutnya ada di Sulawesi Tengah. Pulau Sombori yang terletak di kabupaten Morowali ini disebut-sebut sebagai surga tersembunyi milik Sulawesi Tengah. Bukan saja memiliki lanskap serupa Raja Ampat Papua, pulau Sombori ini juga mewakili keindahan bawah laut Bunaken dan Wakatobi.

Berbeda dengan Wayag di Raja Ampat yang berupa bukit karst, pulau Sombori memiliki gugusan pulau karang yang sangat indah. Memiliki ombak yang tenang, air laut di sekitar pulau ini bergradasi mulai dari biru tua, cyan hingga hijau muda. Anda bisa menuju pulau ini dengan menyewa kapal dari kota Kendari dengan waktu tempuh 4-6 jam.

  1. Raja Ampat Kampar, Ulu Kasok

Saking miripnya spot yang terletak di jalan lintas sumatera ini dengan kepulauan Raja Ampat, orang-orang akan percaya saja jika Anda benar-bener berfoto di Raja Ampat saat mengambil gambar di tempat ini. Itulah kenapa tempat ini diberi julukan Raja Ampat Kampar.

Replika Raja Ampat ini bisa Anda capai dengan berkendara kurang lebih dua jam dari kota Pekanbaru. Hanya dikenai biaya masuk sebesar 5 ribu rupiah, Anda dapat berfoto sepuasnya dari tiga spot dengan ketinggian berbeda. Medan yang harus dilalui terbilang sulit, namun semuanya akan terbayar dengan pesona dari Raja Ampat Kampar ini.

Itulah beberapa replika Raja Ampat yang dapat Anda jadikan alternatif wisata dengan lanskap tak kalah memesona dari aslinya. Masih ada dua destinasi lainnya yang disebut-sebut memiliki lanskap mirip dengan Raja Ampat seperti pantai Kasap di Pacitan dan pulau Labengki di Sulawesi Tenggara.