Trik Menentukan Desain Dapur Minimalis Terbaik untuk Hunian Baru

dapur minimalis sederhana

Dapur menjadi bagian penting untuk setiap hunian karena kualitasnya turut menentukan semangat penghuni untuk memasak berbagai masakan lezat. Dapur yang tertata rapi dan cantik bisa menjadi salah satu faktor pemompa semangat bunda untuk lebih sering mengolah makanan sendiri. Lahan rumah yang terbatas secara otomatis akan memberikan space terbatas pada dapur, membuat kita harus berfikir keras tentang desain dapur (minimalis atau modern) dengan konsep apa agar tidak melakukan perombakan ketika bosan, kurang puas dan kurang pas dengan desain rumah.

Konsep dapur dibuat berbentuk huruf U

Ruang gerak terbatas bisa disolusikan dengan menerapkan beberapa trik untuk desain dapur sehingga bisa lebih luas dan nyaman. Salah satunya dengan memilih kabinet yang bentuknya U. Ruang tengahnya bisa menjadi ruang gerak tambahan untuk anda ketika melakukan aktivitas di dapur.

Keuntungan memilih desain ini adalah mudah memindahkan barang dari sisi satu ke sisi lainnya. Anda tidak perlu memutar jauh untuk memindahkan wajan kotor ke tempat cucian ataupun mengambil piring untuk masakan yang sudah matang. Hanya perlu membalikkan badan ke arah dan kiri saja. Waktu memasak juga lebih efesien.

Dapur berjendela

Jendela di dekat dapur biasanya tidak hanya sekedar mempercantik tampilan saja tetapi juga sebagai jalan keluar masuknya udara dan cahaya matahari. Kesan yang bisa ditampilkan konsep dapur kecil yang berjendela yaitu luas ruangnya bisa nampak lebih besar. hal ini dikarenakan efek terang cahaya matahari yang masuk.

Keuntungan lain ketika menyertakan jendela dalam desain ruang dapur yaitu bau masakan yang sering kali membuat orang batuk dari osengan bawang putih ataupun lada bisa cepat hilang. Apalagi anda menggunakan gas sebagai bahan bakar yang membutuhkan sirkulasi udara yang cukup agar tidak terjadi kebakaran ketika ada kebocoran.

Dapur minimalis dan modern

Rumah yang mempunyai lahan terbatas sering menggunakan konsep minimalis pada setiap ruangannya. Dapur minimalis ini bisa menerapkan model kabinet sederhana yang ukurannya tidak terlalu besar. anda sebaiknya tidak membeli perabotan terlalu banyak karena ruang penyimpanan dapur terbatas. Beli perabotan secukupnya  yang kira-kira sangat dibutuhkan.

Apabila memaksakan untuk menambah terlalu banyak perabotan di dapur minimalis  bukan kesan luas yang akan terlihat melainkan ruangan terlihat lebih sempit.

Desain dapur tersembunyi

Ide kreatif mendesain dapur untuk rumah minimalis selanjutnya adalah konsep tersembunyi. Ukuran dapur yang tidak terlalu besar bisa digabungkan dengan ruangan untuk makan. Apabila merasa kurang nyaman dapat menggunakan trik dapur tersembunyi. Gunakan pembatas tidak permanen seperti partisi yang bisa dilipat atau memasang tirai cerah.

Apabila ingin memasak bisa membuka sekatnya setelah selesai bisa ditutup kembali. Sehingga terkesan tersembunyi dan tidak mengganggu aktivitas di ruang makan.

Desain dapur dengan cermin

Solusi untuk membuat ruang dapur terlihat luas selanjutnya yaitu dengan menambahkan komponen cermin. Fungsinya yaitu sebagai backsplash yang memantulkan bayangan suasana sekitar dapur. Sehingga akan tampak luas. Material cermin sangat mudah dibersihkan dari cipratan minyak ataupun kuah-kuah sisa memasak lain.

Buat furniture tersembunyi

Selain tidak boleh terlalu banyak furniture ke dalam dapur, anda bisa membuat ruang lebih lebar dengan memakai tipe furniture tersembunyi. Contohnya seperti meja yang menyatu dan bisa tersimpan dalam kabinet. Apabila ingin menggunakannya tinggal ditarik kemudian setelah selesai bisa didorong kembali masuk ke kabinet.

Dari beberapa trik desain untuk dapur berkonsep minimalis tersebut anda bisa memilih konsep yang tepat sesuai kondisi rumah. pastikan tidak banyak furniture dalam dapur, perhatikan sirkulasi udara, pilih cat yang sesuai, dan bisa menyiasatinya dengan desain bentuk U.