Cara Mengatasi Maag Kambuh dengan Aman dan Efektif

Cara Mengatasi Maag Kambuh dengan Aman dan Efektif

Cara mengatasi maag kambuh bisa anda lakukan dengan mudah dan tepat tanpa harus pergi ke dokter. Sakit maag merupakan salah satu jenis penyakit yang bisa parah atau kronis.

Namun, sayangnya masih banyak orang yang menganggap penyakit ini biasa saja. Jika maag disepelekan justru dapat berujung pada penyakit komplikasi berbahaya.

Setiap orang yang sudah menderita sakit maag pola makan dan jam makannya perlu dijaga secara rutin. Bila terlambat makan sebentar saja maag akan kambuh dengan cepat.

Masih banyak juga dari mereka yang mengalami maag kambuh belum tahu bagaimana cara menangani dengan tepat. Pertolongan pertama sakit maag kambuh harus anda ketahui bagaimana cara mengatasinya.

Hal ini bertujuan agar sakit segera reda dan tidak berkepanjangan. Oleh sebab itu, cara mengatasi maag tidak boleh disepelekan.

Cara Mengatasi Maag Kambuh dengan Aman

Saat maag kambuh terkadang masih banyak orang yang bingung untuk mengatasinya. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Anda bisa berikan pada orang yang maagnya kambuh obat maupun penanganan lainnya. Maag sebenarnya bukanlah penyakit namun, merupakan gejala dari gangguan lambung.

Misalnya saja GERD, infeksi lambung, radang lambung atau gastritis dan tukak lambung. Agar lambung anda tetap aman dan maag tidak kambuh sebaiknya atasi dengan beberapa cara mudah dan aman.

Berikut ini ada beberapa cara mengatasi maag agar tidak kambuh kembali. Segera atasi sebelum sakit maag semakin parah.

Mengatur Pola Makan

Agar sakit maag kambuh disarankan bagi anda untuk mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil. Hanya saja pola makan yang harus anda lakukan sedikit lebih sering.

Selain itu, jangan biasakan berbaring setelah selesai makan. Setidaknya tunggu 2-3 jam setelah makan. Makanan pedas dan terlalu asam juga dapat memicu maag kambuh.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari kedua jenis makanan tersebut. Minuman beralkohol atau bersoda juga mampu memicu maag kambuh.

Mengubah Kebiasaan

sakit maag kambuh bisa karena kebiasaan buruk anda sendiri. Saat anda sudah mengidap penyakit maag sebaiknya merubah kebiasaan buruk. Ada beberapa kebiasaan positif yang bisa anda lakukan.

Misalnya saja tidak merokok, rutin berolahraga, tidak banyak minum saat sudah larut malam, dan tidak konsumsi obat yang mampu memicu lambung iritasi.

Tidak Stres

Cara mengatasi maag kambuh berikutnya yaitu tidak stres. Saat maag kambuh akibat pikiran yang stress sebaiknya segera atasi dengan cara yang tepat.

Biasanya dokter memberikan saran untuk melakukan relaksasi, meditasi dan konseling. Namun, jika maag kambuh akibat psikologi lebih serius biasanya dianjurkan untuk melakukan psikoterapi.

Sebaiknya konsultasikan sakit maag anda ke dokter agar memperoleh penanganan yang tepat. Jangan biarkan maag kambuh terus – menerus dan berakibat semakin kronis.

Kurangi Asupan Gula

Saat anda sudah mengalami sakit maag kronis, penyebab maag kambuh akan lebih tinggi. Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mencegahnya yaitu dengan mengurangi asupan gula.

Gula yang berasal dari glukosa dan fruktosa ini mampu merusak metabolisme tubuh. Senyawa yang mengandung gula akan sulit dicerna sehingga menimbulkan maag kambuh.

Oleh karena itu, kurangi asupan gula saat anda sudah menderita sakit maag. Hal ini semata – mata untuk mengatasi maag anda agar tidak kambuh kembali.

Sebagian besar orang yang menderita sakit maag resiko kambuh cukup besar. Agar hal ini tidak terjadi sebaiknya segera cari cara mengatasi maag kambuh dengan aman dan mudah.