Daftar Festival di Indonesia yang Acaranya Paling Meriah dan Menarik Perhatian

Daftar Festival di Indonesia yang Acaranya Paling Meriah dan Menarik Perhatian

Semboyan Bhineka Tunggal Ika yang dipunyai Indonesia melambangkan keanekaragaman budaya di Indonesia. Termasuk jenis-jenis festival kebudayaan yang diselenggarakan di negara kita. Banyak banget festival di Indonesia yang bertema kebudayaan tapi isi acaranya meriah banget.

Bahkan masing-masing festival tersebut sangat keren dan bikin kagum. Kemeriahan acaranya juga bikin bangga diri sendiri sebagai warga negara Indonesia, karena ternyata festival budaya di Indonesia mampu menarik perhatian masyarakat secara luas.

Jenis-jenis Festival di Indonesia yang Sangat Meriah dan Menarik Perhatian

Banyak upacara perayaan di Indonesia yang berkaitan sama budaya, salah satunya yaitu festival budaya itu tadi. Gak cuma festival budaya aja sih, tapi festival lainnya yang diselenggarakan di Indonesia ini sangat menarik dan dihadiri oleh ratusan bahkan ribuan orang.

Apa aja sih jenis festival budaya yang pernah diselenggarakan di Indonesia? Mari kita bahas soal festival budaya ini lebih lengkap:

1. Hari Kemerdekaan RI

Hari kemerdekaan emang selalu disambut dengan gembira oleh warga negaranya, termasuk di Indonesia. Perayaan hari kemerdekaan selalu menjadi perayaan paling populer, seru, bahkan sampe viral.

Nah, biasanya di hari raya kemerdekaan ini ada juga festival budaya yang tak kalah seru. Hampir di setiap kota yang ada di Indonesia, festival budaya ini diselenggarakan dan berakhir dengan meriah. Contohnya pengibaran bendera merah putih di bawah laut tepat di hari kemerdekaan.

2. Dieng Culture Festival

Kawasan Dieng merupakan salah satu kawasan wisata yang sekarang lagi viral dan terkenal. Penghuninya yang ramah ditambah dengan pemandangan alamnya yang luar biasa, membuat festival budaya Dieng ini disambut meriah oleh para wisatawan dan masyarakat setempat.

Tradisi yang paling terkenal di Dieng Culture Festival ini adalah Ruwatan, yaitu tradisi memotong rambut anak Dieng yang rambutnya gimbal. Masih banyak acara seru lainnya yang bisa Kamu nikmati di acara festival ini.

3. Sekaten

Festival budaya lainnya yang ditonton oleh ratusan orang adalah festival Sekaten yang merupakan adat suku Jawa. Biasanya acara ini diselenggarakan selama satu minggu, dengan membuka tempat hiburan dan pasar malam untuk masyarakat.

Festival budaya ini adalah acara yang dilakukan untuk memperingati hari lahir Nabi Muhammad mulai dari hari ke 5 sampai hari ke 12 tahun Arab Bulan Rabiul Awal. Acara utamanya adalah Grebeg Maulid yang diselenggarakan di hari terakhir yaitu hari ke 12.

4. Festival Lembah Baliem

Ada sejumlah suku di Papua yang berbeda-beda, FYI aja di Papua sana sukunya beragam ya jadi gak terdiri dari satu suku aja. Nah, beragam suku ini mengadakan acara Festival Lembah Baliem yang biasanya diadakan di Bulan Agustus.

Bahkan festival ini juga dikenal ooleh para turis mancanegara loh. Gak heran kalau saat acara festival ini berlangsung, banyak juga para turis mancanegara yang sengaja datang ke Papua cuma untuk menonton festival. Seru banget kan!

5. Festival Bunga Tomohon

Meskipun diadakannya di Sulawesi Utara, tapi Festival Bunga Tomohon ini menjadi jenis festival kelas dunia. Biasanya festival ini diadakan setiap tahun, dan sudah diselenggarakan sejak tahun 2006 lalu.

Ada empat acara utama yang wajib Kamu tonton di acara festival budaya ini, diantaranya yaitu Kontes Ratu Bunga, Pertunjukkan Seni dan Budaya, Parade Kendaraan Hias, dan Pameran Florikultura.

6. Festival Rambu Solo

Walaupun ada Kata Solo-nya, tapi festival budaya ini bukan berasal dari Solo ya. Namun festival ini biasa dilaksanakan oleh masyarakat Sulawesi Selatan tepatnya di Tana Toraja. Ritual budaya ini adalah ritual yang diadakan untuk menghormati arwah yang sudah meninggal.

Bagi masyarakat Sulawesi, festival budaya ini menjadi festival yang paling ditunggu loh. Bukan cuma acara penghormatan arwah saja, tapi banyak juga upacara perayaan lainnya di festival ini. Banyak juga turis yang sengaja datang ke Tana Toraja cuma untuk menyaksikan festival ini.

Masih banyak lagi loh jenis festival di Indonesia yang bisa Kamu tonton. Bahkan banyak jenis festival budaya Indonesia yang mendunia dan dikenal oleh turis mancanegara.

Festival budaya nusantara memang mampu memperlihatkan daya tariknya tersendiri, yang juga bikin bangga kita sebagai orang Indonesia asli.