Daftar Makanan Tinggi Asam Folat yang Penting untuk Kesehatan Janin

Daftar Makanan Tinggi Asam Folat yang Penting untuk Kesehatan Janin

Setiap ibu hamil sangat perlu memperhatikan asupan sehatnya selama kehamilan. Upayakan rutin mengonsumsi makanan tinggi asam folat demi kesehatan janin. Asam folat merupakan vitamin B kompleks yang merangsang pembentukan sel-sel baru, DNA, dan sel darah merah. Asam folat juga berkhasiat mencegah beberapa cacat lahir. Inilah makanan alami yang kaya asam folat.

  1. Sayuran Hijau Tua

Sayuran sangat bagus untuk asupan sehat ibu hamil demi tumbuh kembang janin yang optimal. Sayuran yang berdaun hijau tua sangat direkomendasikan karena kaya akan asam folat yang menunjang pertumbuhan sel-sel baru, darah, dan DNA, sehingga janin tumbuh dengan baik.

Bayam, brokoli, kale, kangkung, dan daun pepaya adalah contoh sayuran berdaun hijau tua yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil demi memenuhi kebutuhan asam folat. Anda bisa mengolahnya menjadi masakan sesuai selera.

  1. Asparagus

Pernahkah Anda mengonsumsi asparagus? Salah satu jenis sayuran ini juga banyak mengandung asam folat. Dalam ½ cangkir atau sebanyak 90 gram asparagus, terdapat sebanyak 134 mikrogram asam folat. Sayuran ini sangat kaya antioksidan dan sudah terbukti mempunyai sifat anti peradangan dan anti bakteri. Asparagus juga mengandung serat tinggi.

  1. Kacang dan Biji-bijian

Kacang dan biji-bijian sangat bermanfaat sebagai asupan yang memenuhi kebutuhan asam folat. Kesehatan janin dapat dijamin dengan mengonsumsi makanan olahan kacang dan biji-bijian. Salah satunya adalah kacang kenari yang mampu memenuhi sebanyak 28 mikrogram asam folat. Untuk sayuran, Anda bisa mengonsumsi kacang panjang, buncis, atau kacang merah.

  1. Telur

Telur adalah salah satu sumber protein hewani yang bisa dijadikan banyak olahan menu. Selain itu, ternyata telur kaya akan asam folat yaitu sebanyak 23,5 mikrogram. Telur juga mengandung vitamin B12, riboflavin, dan selenium. Dua zat antioksidan yaitu zeaxanthin dan lutein juga tersedia untuk membantu mengurangi risiko berupa gangguan pada mata.

  1. Hati Ayam dan Sapi

Hati ayam dan hati sapi adalah dua bahan makanan yang umumnya disukai banyak orang. Ibu hamil sangat bagus mengonsumsi hati ayam atau sapi karena mengandung banyak asam folat. Kesehatan janin akan terjamin dengan asupan sehat ini.

Sebanyak 100 gram hati ayam, terdapat 1000 mg asam folat. Di dalam 85 gram hati sapi, terkandung 212 mikrogram asam folat yang memenuhi sekitar 54% kebutuhan asam folat harian. Karena hati merupakan jeroan yang juga mengandung kolesterol, batasilah asupannya. Anda juga tidak boleh terlalu banyak mengonsumsi makanan yang kadar asam folatnya tinggi.

  1. Pepaya

Buah pepaya sangat bermanfaat bagi kesehatan janin karena kaya akan asam folat. Pepaya mempunyai sekitar 53 mg asam folat dan berperan memenuhi kebutuhan harian asam folat sebanyak 13%.

  1. Pisang

Pisang adalah buah bertekstur lembut dan manis. Selain tinggi potasium, pisang juga kaya asam folat yaitu sekitar 23,6 mg untuk pisang berukuran sedang. Kandungan nutrisi lainnya juga tersedia yaitu vitamin B6, vitamin C, magnesium, dan karbohidrat.

  1. Jeruk

Jeruk adalah buah segar yang optimal menghidrasi tubuh karena banyak mengandung air. Jeruk yang besar mempunyai sekitar 55 miligram asam folat, sehingga kadarnya sesuai untuk memenuhi asupan asam folat untuk ibu hamil.

  1. Alpukat

Terakhir adalah buah alpukat yang sudah terkenal banyak khasiatnya. Alpukat juga mengandung banyak asam folat yaitu sekitar 82 mg. Anda dapat mengolahnya menjadi aneka menu, di antaranya jus buah, smoothies, atau es campur.

Daftar makanan tinggi asam folat di atas bisa diolah ke dalam berbagai kreasi sesuai selera. Pastikan Anda mengonsumsinya setiap hari dan seimbangkan dengan komponen nutrisi lainnya. Dengan demikian, kesehatan janin akan optimal dan mampu bertahan sampai persalinan dengan tumbuh kembang yang optimal.