Pengganti Menu Makanan Untuk Anak Alergi

Pengganti Menu Makanan Untuk Anak Alergi

Alergi makanan merupakan sebuah reaksi sistem imun tubuh seseorang terhadap jenis protein tertentu yang terdapat di dalam makanan yang dikonsumsi. Terdapat banyak makanan yang dapat menjadi penyebab alergi. Anak-anak juga bisa mengalami alergi. Hal ini tentu membuat orang tua khawatir karena bingung makanan apa yang harus diberikan. Namun ibu tidak perlu khawatir karena terdapat alternatif menu makanan untuk anak alergi yang bisa diberikan sesuai penyebab alerginya.

Pengganti Makanan Untuk Anak Alergi

Pastikan apa makanan yang menyebabkan alergi agar bisa mencari alternatif makanan yang tepat. Dengan ini maka kebutuhan nutrisi anak akan tetap tercukupi. Berikut alternatif makanan yang bisa diberikan sesuai penyebabnya.

  1. Alergi telur

Telur merupakan salah satu sumber protein yang penting dalam tumbuh kembang anak. Telur juga menjadi bahan dasar pembuatan makanan misalnya mie dan kue. Namun telur juga menjadi penyebab alergi pada anak. Sebagai alternatifnya, ibu bisa memberikan penggantinya yang juga mengandung protein seperti daging, ikan, soya, dan mentega.

  1. Alergi gandum atau tepung terigu

Gandum merupakan sumber makanan yang memiliki banyak manfaatnya. Namun anak juga bisa memberikan reaksi alergi gandum sama halnya dengan tepung terigu. Menu makanan untuk anak alergi gandum dan tepung bisa dengan memberikan sayuran hijau dan daging sapi yang kaya akan zat besi.

  1. Alergi makanan laut

Seafood menjadi penyebab alergi bukan hanya bagi orang dewasa namun juga anak-anak. Padahal, kandungan omega-3 bisa didapatkan dari ikan dan kerang. Namun ibu tidak perlu khawatir karena bisa menggantinya dengan makanan laut lain seperti ikan air tawar atau jenis ikan lainnya. Bisa juga dengan memberikan telur omega 3.

  1. Alergi kacang-kacangan

Sebagian anak juga alergi kacang-kacangan bahkan dapat menimbulkan risiko alergi yang serius. Maka dari itu ibu harus lebih hati-hati jika anak alergi kacang. Namun karena kandungan kacang penting untuk perkembangan anak, ibu bisa menggantinya dengan biji labu atau biji bunga matahari.

  1. Alergi susu sapi

Alergi susu sapi terjadi karena sistem imun tubuh si kecil mengalami reaksi terhadap protein yang umumnya terkandung di dalam susu sapi. Alergi susu sapi dapat timbul saat anak mengonsumsi susu formula dari susu sapi maupun produk turunan yang terbuat dari susu sapi seperti keju dan yogurt.

Anak yang alergi susu sapi biasanya menimbulkan gejala seperti mual, diare, sembelit, muntah, produksi dahak berlebih, bahkan berdampak pada berat badan yang tidak kunjung meningkat. Menu makanan untuk anak alergi dapat diganti dengan susu soya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya yang ada di susu sapi. Ibu bisa memberikan Nutrilon Royal Soya dengan kandungan Pronutra+ dan isolate protein untuk mendukung tumbuh kembangnya.