Persiapan Persalinan: Beberapa Hal yang Harus Dibawa Saat ke Rumah Sakit

Persiapan Persalinan

Ketika kehamilan sudah memasuki trimester ketiga, tentu penting bagi Anda untuk mempersiapkan persalinan. Hal ini cukup beralasan karena persiapan persalinan yang baik tentu saja akan melancarkan proses kelahiran bayi yang akan dijalani. Selain itu, dari sisi psikologis, persiapan yang baik pun akan cenderung menenangkan bagi ibu hamil yang lebih rawan terkena stress di trimester akhir kehamilan.

Tentu, ada banyak hal terkait persiapan menjelang persalinan yang harus dilakukan. Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang beberapa hal yang harus Anda bawa ketika pergi ke rumah sakit untuk bersalin.

Apa saja persiapan yang harus dibawa tersebut? Cek ulasan selengkapnya!

Ragam Barang yang Harus Dibawa Menjelang Persalinan

Saat memutuskan pergi ke rumah sakit karena tanda kelahiran yang sudah terlihat, Anda perlu membawa beberapa barang yang diperlukan. Adapun beberapa barang yang harus dibawa menjelang persalinan di rumah sakit adalah:

  1. Kartu identitas

Salah satu barang yang harus dibawa menjelang persalinan di rumah sakit adalah kartu identitas. Dalam hal ini, KTP, SIM atau lainnya perlu untuk dibawa termasuk dokumen rumah sakit yang Anda miliki.

Dengan kartu identitas yang dibawa, tentu saja pendaftaran bisa dilakukan dengan lebih cepat dan cermat. Terlebih, jika Anda membawa dokumen rumah sakit, maka detail riwayat kesehatan Anda pun bisa diketahui.

  1. Pakaian ganti

Barang yang harus dibawa saat persalinan lainnya adalah pakaian ganti. Tentu saja, ini adalah salah satu persiapan yang sangat penting. Siapkan pakaian ganti terutama untuk ibu hamil, bayi yang baru lahir dan juga pendamping lainnya. Nah, untuk baju ibu hamil, bawa baju yang cenderung longgar untuk membuat ibu hamil merasa lebih nyaman.

  1. Peralatan mandi

Meskipun banyak rumah sakit yang menyediakan peralatan mandi, tidak ada salahnya jika Anda membawa peralatan mandi sendiri demi kenyamanan. Bawalah peralatan mandi standar seperti sabun, sampo, pasta gigi, sikat gigi dan lainnya.

Selain itu, bawa handuk yang cukup untuk beberapa hari. Serta pastikan bahwa beragam peralatan mandi yang Anda bawa tersebut tidak mengakibatkan iritasi bagi ibu hamil ataupun bagi bayi yang baru saja lahir.

  1. Perlengkapan bayi

Perlengkapan persalinan lain yang sangat penting untuk dibawa dan dipersiapkan sejak lama tentu saja adalah perlengkapan bayi. Hal ini sangat mendasar karena bayi yang baru lahir memerlukan perawatan yang cenderung khusus untuk memastikan bahwa dirinya benar-benar baik dan merasa nyaman.

Ada beberapa perlengkapan bayi yang sangat penting untuk dibawa seperti pakaian bayi lengkap untuk hitungan tiga hari, penutup kepala bayi agar ia merasa tetap hangat, selimut bayi untuk membuatnya tetap nyaman, dan lainnya. Juga, bawa perlengkapan bayi lainnya seperti minyak untuk menghangatkan tubuh, tisu basah khusus bayi, dan peralatan mandi bayi.

Dengan beragam perlengkapan yang dibawa, Anda yang melahirkan pun nantinya tidak akan kebingungan dan bisa merawat bayi dengan baik. Baca artikel kehamilan lainnya untuk mendapatkan informasi menarik lainnya!