Ampuh! 5 Cara Mengatasi Gatal Akibat Alergi Kulit

penyebab alergi kulit gatal

Apakah Anda pernah mengalami gatal karena alergi? Alergi bisa disebabkan oleh banyak hal. Penyebab alergi yang disebut alergen adalah zat asing yang dianggap berbahaya bagi sistem kekebalan tubuh, sehingga ada reaksi alergi. Jika Anda mengalaminya, cara mengatasi alergi ini sangat tepat dilakukan agar reaksi alergi berupa gatal ini bisa segera disembuhkan.

  1. Jangan Menggaruk Bagian yang Gatal

Rasa gatal akibat alergi memang sangat mengganggu. anda harus sabar dalam menghadapinya. Janganlah menggaruk area yang gatal karena bisa menyebabkan iritasi. Terlebih tangan belum tentu dalam keadaan bersih. Jika tetap menggaruknya, tidak menutup kemungkinan alergi makin parah dan area alergi bisa semakin bertambah.

  1. Menggunakan Salep atau Krim Pereda Gatal

Ketika rasa gatal menyerang, sebaiknya janganlah menggaruk. Lalu, bagaimana meredakannya? Gunakan saja obat berupa salep atau krim yang mampu meredakan rasa gatal akibat alergi kulit. Oleskan salep atau krim tersebut setelah menggunakan alkohol untuk membersihkan area kulit yang gatal. Oleskanlah secara merata dan lakukan secara rutin.

  1. Mandi dengan Air Dingin

Cara mengatasi gatal akibat alergi selanjutnya adalah mandi dengan air dingin. Rasa gatalnya akan berkurang karenanya. Selain itu, Anda bisa mengompres bagian kulit yang gatal dengan es atau air es. Setelah mengompresnya, keringkan kulit menggunakan handuk bersih, lalu gunakan pelembab. Hindari mandi dengan air panas yang memperparah alergi.

  1. Mengenakan Pakaian Longgar dan Lembut

Pakaian yang digunakan juga sangat berpengaruh pada kesembuhan alergi pada kulit Anda. Usahakan untuk mengenakan pakaian yang longgar dan berbahan lembut. Cara ini sebaiknya dilakukan agar dapat menjaga kelancaran sirkulasi udara agar area alergi tidak lembap dan selalu dalam  keadaan kering. Dengan demikian, rasa gatal bisa berkurang.

Lembutnya pakaian juga dianjurkan agar tidak menyebabkan gesekan pada area alergi. Jika demikian, kondisi area alergi tetap terjaga dan tidak semakin parah karenanya. Anda bisa mengenakan pakaian berbahan katun, sehingga nyaman dan dingin di kulit.

  1. Menghindari Penyebab Alergi

Menghindari penyebab alergi adalah cara penting selanjutnya. Anda harus mengetahui apakah penyebab alergi kulit dengan memeriksakan diri ke dokter. Setelah mengetahui penyebabnya, hindarilah agar rasa gatal mereda dan sembuh. Kondisi kulit juga bisa segera membaik.

5 hal tersebut mampu mengatasi gatal yang timbul akibat alergi. Kulit yang sensitif dapat terkena alergi apabila tidak cocok terhadap suatu hal, seperti cuaca dingin, air, makanan, dan hal lainnya. Jika Anda mengalami alergi, usahakan untuk menerapkan 5 cara mengatasi alergi di atas agar efektif menghilangkan rasa gatal yang mengganggu.